Harga Sewa Stadion Sepakbola Di Indonesia


Pixabay


    Biaya Sewa Stadion Di Indonesia | Stadion adalah tempat untuk (kebanyakan) olahraga, konser, atau acara lainnya dan terdiri dari lapangan atau panggung yang sebagian atau seluruhnya dikelilingi oleh struktur berjenjang yang dirancang untuk memungkinkan para penonton berdiri atau duduk dan lihat acara tersebut. Di Indonesia ini ada beberapa model stadion, dari yang semua tribun tertutup atap atau hanya tribun VVIP saja yang tertutup atap juga ada. Selain ada lapangan, kebanyakan stadion di Indonesia juga memiliki lintasan atletik, hanya ada beberapa stadion saja yang tidak memiliki lintasan atletik, Misalnya Stadion Maguwoharjo Sleman.

Setiap stadion memiliki harga sewa yang berbeda, mulai dari Puluhan Juta hingga mencapai Ratusan Juta. Ya mungkin kalo yang nyewa memiliki basis penggemar yang banyak atau fanatik bisalah hasil tiket satu pertandingan digunakan untuk membayar sewa stadion. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini belum ada satupun Klub Indonesia yang bangun Stadion Sendiri. Maklum, sebagian besar stadion di Indonesia dikelola oleh pemerintah daerah atau wilayah setempat. Alhasil, klub seperti tidak memiliki kuasa untuk menggunakan stadion, yang terkadang harus bentrok dengan kampanye atau acara musik besar.

Dan berikut ini Harga Sewa Stadion klub Liga 1 Indonesia:

1. Stadion Maguwoharjo

Mini Sansiro, begitu orang menyebutnya. Ya memang desain stadion ini hampir sama dengan Stadion Sansiro di Italia sana. Stadion ini juga tidak memiliki lintasan atletik seperti stadion di Indonesia pada umumnya. Selain PSS Sleman, Stadion ini juga merupakan kandang dari Tim Nasional Indonesia. Bahkan, peserta Piala Dunia 2018 ( Islandia ) pernah merumput disini pada Januari 2018 kemarin untuk beruji coba melawan Indonesia Selection.
Lalu berapa harga sewa Stadion Maguwoharjo Sleman ini? Stadion yang berkapasitas kurang lebih 40.000 penonton ini memiliki harga sewa berkisar Rp.20.000.000 - Rp.25.000.000 . Menurut berita yang beredar, untuk mengarungi Liga 1 2019 ini, PSS Sleman akan menyewa Stadion Maguwoharjo untuk jangka panjang. Yang kemungkinan PSS Sleman besar akan meng-upgrade Mini Sansiro ini. Yang sudah mulai terlihat adalah, rumput stadion Maguwoharjo ini mulai disulap atau digarap oleh Kontraktor Lapangan yang kondang akan Rumput Refleksi Cahayanya, yaitu PT. Harapan Jaya Lestarindo (@lestarindo_soccerfield). Wah makin keren saja nih, ntar bener-bener mirip Sansiro.

2. Stadion Wibawa Mukti

Stadion yang terletak di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi ini memiliki kapasitas 32.000 orang single seat. Stadion ini juga salah satu opsi untuk Kandang Timnas Indonesia. Stadion yang menghabiskan dana Pembangunan kurang lebih Rp.530 Miliar ini , Mematok Harga Sewa Sebesar Rp.60.000.000 .

3. Stadion Patriot Chandrabaga

Bekasi lagi, memiliki dua stadion yang berstandar Internasional tetapi tidak diiringi dengan Prestasi dari Persipasi. Stadion yang awal dibangun pada tahun 1980 ini pernah direnovasi pada tahun 2012, dan dibuka kembali pada tahun 2014. Harga sewa stadion berkapasitas 28.000 tempat duduk single seat ini sekitar Rp.50.000.000 dengan uang jaminan Rp.15.000.000. Hanya saja biaya tersebut belum termasuk biaya keamanan.

4. Stadion Pakansari

Stadion yang berlokasi di Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini dibuka pada tahun 2014. Stadion Pakansari memiliki kapasitas 30.000 Tempat duduk single seat. Harga Sewa Stadion Pakansari sekitar Rp.75.000.000 .

5. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion kebanggaan Warga Surabaya ini memiliki kapasitas 55.000 penonton. Pada tahun 2012, Klub Asal Liga Inggris Queens Park Ranger pernah merumput disini untuk melawan Persebaya. Harga sewa Stadion Gelora Bung Tomo sekitar Rp.90.000.000 . Dengan laga home yang selalu ramai penonton, Persebaya nampaknya tidak perlu pusing untuk bayar harga sewa stadion GBT ini.

6. Stadion Sijalak Harupat

Stadion yang beralamat di Soreang, Bandung, Jawa Barat ini merupakan kandang dari tim besar Persib Bandung. Stadion Sijalak Harupat memiliki kapasitas 27.000 Tempat duduk single seat. Harga Sewa Stadion Sijalak Harupat berkisar Rp.150.000.000 .

7. Stadion Batakan

Desain Stadion Batakan ini mirip dengan Stadion Emirates ( Kandang Arsenal ). Stadion yang berkapasitas 40.000 penonton ini mematok harga sewa sekitar Rp.250.000.000 , Itu sudah termasuk Keamanan, kebersihan, UPT, dll.

8. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Terbesar dan Termegah di Indonesia ini dibuka pada ‎21 Juli 1962 dan memiliki kapasitas 110.000 Penonton. Stadion ini sudah direnovasi 2 Kali. Pada saat renovasi tahun 2006 Kapasitas GBK dikurangi menjadi 88.000 penonton, dan di tahun 2016-17 stadion ini direnovasi kembali untuk Asian Games dan kapasitas kembali dikurangi menjadi 77.000 Tempat duduk single seat. Harga Sewa Stadion Utama Gelora Bung Karno mencapai Rp.540.000.000, itupun harus disertai uang jaminan sebesar 1,5 miliar.

Itulah harga-harga sewa salah satu Stadion-Stadion di Indonesia . Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.
Baca Juga: Tips Merawat Jersey Bola agar tidak Mudah Rusak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel