✓ Tips Sukses Melakoni Tes di Perusahaan atau Pabrik agar Lolos

Setelah menyelesaikan Pendidikan dan Lulus, kita harus di tuntut untuk mencari pekerjaan, ada yang di PT, Toko-toko, berjualan dan masih banyak lagi. Namun untuk masuk ke sebuah perusahaan ada beberapa proses yang harus kita lewati. Dari proses awal tes tertulis atau psikotest,tes interview, tes kesehatan dan tes fisik harus kita jalani untuk bisa bergabung pada sebuah PT atau Pabrik.

Dari proses-proses tersebut tidaklah mudah untuk dapat melewatinya, dan tentunya dengan banyak sekali pesaingnya. Di proses yang pertama, Psikotest atau Tes tertulis, pelamar akan di hadapkan dengan Psikotest Wartegg, Logika Aritmatika, Deret Gambar, Tes Kraeplin / Koran, Tes Menggambar. Di proses paling awal ini harus benar-benar menggunakan Fikiran, tidak mudah juga untuk dapat melewatinya.

Setelah proses tes tertulis atau psikotes, inilah proses yang menjadi momok bagi para calon karyawan. Mental ! Yaps, di proses tes interview bagi saya yang penting adalah mental. Kita harus bisa menguasai diri kita agar tidak gerogi saat berhadapan langsung dengan HRD. Jangan menjawab A' E' A'E, Anu, Tidak Tau. Di proses ini kita benar-benar harus tenang.


Lalu apa saja yang harus di perhatikan saat akan menjalani Proses Interview?

PENAMPILAN
Kita harus berpakaian yang rapih ketika ingin Tes Interview. Biasanya menggunakan Pakaian Baju Putih Celana Bahan Hitam dengan Ikat Pinggang, jangan lupa Pakaian Wajib di Setrika ya, jangan sampai Kusut. Gunakan juga parfum tapi jangan terlalu berlebihan.

Untuk Cowok Sebaiknya rambut di potong rapih atau tidak gondrong dan gunakan minyak rambut. Rambut jangan diwarna ya, biar alami aja. Kalian juga bisa bawa permen dari rumah dan sebelum kita masuk untuk Interview boleh kita Emut Permen dulu agar mulut tidak terlalu bau-bau banget.

MASUK KE RUANG INTERVIEW
Ketika kita sudah mendapatkan giliran untuk masuk ke ruang Interview, ini yang harus kalian lakukan. Pertama, sebelum membuka pintu kalian harus ketuk pintu 3 kali, lalu ketika sudah mendekati HRD kalian harus menyapa ( Selamat Pagi, Siang atau Sore ) sambil menyalaminya. Eittss... Jangan langsung duduk, tetaplah kalian berdiri sebelum di suruh sama HRD untuk duduk, jika HRD menyuruh kalian duduk, jangan lupa ucapkan terimakasih.

Setelah itu kalian biasanya akan di tanyain atau diberi pertanyaan sama HRD, ingat tetap tenang jangan grogi. Lalu apa saja Pertanyaan Interview yang akan di lontarkan oleh HRD kepada Calon Karyawan? Silahkan Baca : Cara Lolos Proses tes Interview Kerja.

Setelah semuanya selesai dan kalian di persilahkan untuk keluar, jangan lupa mengucapkan salam lagi sembari menyalaminya. Setelah proses Interview dan kita dinyatakan lulus, maka selanjutnya adalah menjalani Proses tes Medical Check Up atau Tes Kesehatan.

Apa saja yang harus di perhatikan saat akan menjalani Proses Medical Check Up?

Selain sehat, berat badan juga menjadi perhatian bagi sebagian Perusahaan, yang dimana berat badan harus ideal. Jika kalian merokok sebaiknya kalian berhenti merokok terlebih dahulu sebelum menjalani tes MCU. Jika sudah di nyatakan lulus MCU, selanjutnya menjalani Tes Fisik.

Di proses terakhir ini, tidak semua perusahaan menggunakan tes fisik, jadi kebanyakan setelah kita di nyatakan Lolos tes Kesehatan maka kita tinggal menunggu proses Tanda Tangan Kontrak saja. Namun, ada juga sebagian perusahaan yang harus melalui proses tes fisik ini, biasanya bersama Bapak-bapak angkatan hehe.. Tes Fisik yang akan di hadapi antara lain: Push-Up, Lari, Berenang dan tes kebugaran lainnya. Untuk tes fisik ini tidak ada tips khusus, karena setiap orang Fisiknya beda-beda, namun kalian bisa berlatih dulu dirumah sebelum menjalani Tes Fisik ini.

Itulah beberapa Tips agar Lancar Lolos menjalani Tes-tes masuk ke PT atau Pabrik, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Salam Amplop Cokelat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel